Analisis Potensi Ekonomi di Kabupaten Bone (Kajian Produk Domestik Regional Bruto)

118

Analisis Potensi Ekonomi Kabupaten Bone (Kajian Produk Domestik Regional Bruto). Bertujuan untuk mengetahui sektor-sektor ekonomi yang memiliki keunggulan komparatif/spesialisasi, keunggulan kompetitif dan tergolong sektor yang progresif di Kabupaten Bone.

Penelitian ini menggunakan
data sekunder (runtun waktu) yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik yang terdiri dari data PDRB Kabupaten Bone dan Provinsi Sulawesi Selatan atas dasar harga Konstan 2010 tahun 2013-2017.

Analisis data dengan menggunakan
Analisis Location Quotient (LQ), Model Rasio Pertumbuhan (MRP), Overlay
serta Tipologi Klassen.

Hasil penelitian berdasarkan keunggulan komparatif/spesialisasi yaitu sektor pertanian, kehutanan dan perikanan; sektor pengadaan listrik dan gas dan sektor administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib.

Sektor yang memiliki keunggulan kompetitif /daya saing yaitu sektor pertanian, kehutanan dan perikanan; sektor pertambangan dan penggalian; sektor industri pengolahan; sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan motor; sektor transportasi pergudangan; sektor informasi dan komunikasi; sektor jasa keuangan dan sektor administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib.

Sedangkan, sektor yang tergolong progresif yaitu sektor pertanian, kehutanan dan perikanan; sektor pengadaan listrik dan gas dan sektor administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib.

Hasil penelitian dapat dibuka DI SINI

BAGIKAN