Kadis Perindustrian Hadiri Diskusi Pertambangan dengan tema ” Tambang Untuk Siapa”

339

Potensi pertambangan di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, ternyata besar. Seluruh kecamatan memiliki potensi untuk itu.

Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Bone, Bpk. Ir.H. Khalil M.T. mengatakan, 27 kecamatan di Bone diusulkan masuk wilayah tambang. Prosesnya sementara berjalan.

“Kami mendukung untuk proses perizinan. Dan Perindustrian siap bantu,” jelasnya dalam diskusi pertambangan dengan tema, “Tambang untuk Siapa?”. Selasa malam, 10 Maret 2020.

Kadis Perindustrian mengemukakan, tambang itu mengubah lingkungan, bukan merusak lingkungan. Ada 12 kecamatan di Kabupaten Bone yang dibolehkan masuk dalam area pertambangan, sesuai PERATURAN DAERAH KABUPATEN BONE NOMOR 2 TAHUN 2013 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH KABUPATEN BONE TAHUN 2012-2032 (DOWNLOAD)

Kedua belas daerah tersebut, yakni Kecamatan Sibulue, Ponre, Kajuara, Kahu, Bontocani, Patimpeng, Libureng, Lamuru, Ajangale, Salomekko, Palakka, dan Lappariaja.

Narasumber yang hadir dalam acara ini, yakni Direktur Eksekutif Walhi Sulawesi Selatan Muhammad Al-Amin. Sementara moderator Bahtiar Parenrengi. Ia mengatakan, silakan melaksanakan aktivitas tambang. Asalkan berizin yang sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Sehari sebelumnya Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. menerima Tim Penyiapan Wilayah Kerja Migas di Rumah Jabatan Bupati Bone, Senin 9 Maret 2020.

Tim ini bermaksud untuk mendatangkan Investor Minyak dan Gas di Bumi Arung Palakka yang diketahui kaya potensi dan hasil buminya.

Prof. Dr. Ir. Edy Sunardi, M.Sc. Pakar Petroleum Geoscience, Mineral and Energy Resources menjelaskan tentang Geologi Minyak dan Gas Bumi serta Potensi Migas di wilayah Bone.

Menurutnya, Potensi cekukan migas yang ada di daratan maupun Teluk Bone sangat berpotensi untuk di kembangkan.

Sementara itu, Bupati Bone mengatakan, kami akan selalu membuka diri untuk Investor yang ingin datang ke Bone selama sesuai regulasi dan perundang-undangan yang berlaku.

“Karena pengembangan terkait migas tentunya akan menjadi pembuka cakrawala Kabupaten Bone ke depan” kata Bupati

“Oleh karena itu kami selaku pemerintah daerah menyambut baik dan memberikan dukungan kepada seluruh investor yang ingin mengembangkan usahanya di Bone” tutur Bupati.

Kami mengundang investor termasuk pengelolaan sumber daya alam yang ada di Bumi Arung Palakka ini yang tentunya yang menyentuh kehidupan dan kesejahteraan masyarakat Bone” kata Bupati Bone.

BAGIKAN