Pande Besi merupakan profesi yang telah ada sejak berabad-abad yang lalu dan merupakan bagian dari sebuah peradaban. Saat ini profesi Pande Besi merupakan bagian dari kearifan lokal khususnya di Kabupaten Bone. Pande Besi pada saat ini tidak hanya membuat senjata namun telah berkembang menghasilkan berbagai macam produk. Produk yang dihasilkan antara lain; peralatan pertanian seperti cangkul, sabit, kapak, dan perlengkapan pertanian/perkebunan lainnya beserta benda pusaka seperti badik dan keris.

Adanya gempuran modernisasi yang terus menggerus kearifan lokal mengakibatkan proses regenerisasi pande besi menjadi terhambat. Banyak generasi muda yang enggan menggeluti profesi tersebut. Melihat potensi yang muncul dari produk – produk hasil pande besi sebenarnya cukup potensial untuk dikembangkan, disamping merupakan profesi warisan turun temurun, dari segi finansial juga cukup menguntungkan.

Produk yang dihasilkan oleh IKM Pande Besi di Kab. Bone dijual secara offline melalui pasar tradisional terdekat dan secara online melalui marketplace yang saat ini banyak jenisnya sehingga jangkauan pemasarannya tidak hanya di wilayah Kab. Bone saja, namun dapat menjangkau luar daerah. Melihat potensi pasar yang begitu besar, diperlukan peningkatan kualitas secara terus menerus dan pengembangan variasi produk agar produk-produk besi dari Sentra Petta Panre Bessie Kab. Bone dapat bertahan dan bersaing dalam pasar.

Produk-produknya juga cukup tangguh dari segi keawetannya karena menggunakan bahan baku dari scraft besi baja (kanal, per, dll), namun dari segi teknologi dan kemampuan Sumber Daya Manusianya masih perlu ditingkatkan lagi.

Menyikapi hal diatas Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan bersama Dinas Perindustrian Kabupaten Bone melaksanakan kegiatan pelatihan Pande Besi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan SDM IKM Pande Besi serta mendorong IKM Pande Besi untuk melakukan diversifikasi produk sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen yang semakin beragam sehingga dapat meningkatkan daya saing IKM Pande Besi agar siap menghadapi persaingan pasar yang semakin kompetitif dan terbuka.

Kegiatan ini terlaksana melalui Program Penumbuhan dan Pengembangan Industri Kecil, Menengah dan Aneka (PPIKMA) tahun 2022, Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Kabupaten Bone. Pelaksanan Bimtek Wirausaha Baru IKM Pande Besi di Kabupaten Bone dilaksanakan pada Senin s/d Rabu, 20 s/d 22 Juni 2022 bertempat Grand Nur Hotel Kab. Bone dan di ikuti sebanyak 25 orang Pengrajin Pande Besi yang berasal dari Sentra Petta Panre Bessie yang dirangkaikan dengan penyerahan alat finising Bill Grinding ke Sentra Petta Panre Bessie.